Pada postingan kali ini saya akan memposting tentang Client-Server UDP.
Listing udpclient.java
import java.net.*;
import java.io.*;
import java.util.*;
public class udpclient {
public
static void main(String args[]){
DatagramSocket
aSocket=null;
try
{
aSocket=new
DatagramSocket();
Scanner
sc=new Scanner(System.in);
System.out.print("inputkan
pesan : ");
String
message=sc.nextLine();
byte[]
m=message.getBytes();
InetAddress
aHost=InetAddress.getByName("localhost");
int
serverPort=6789;
DatagramPacket request=new DatagramPacket(m,
message.length(), aHost, serverPort);
aSocket.send(request);
byte[]
buffer=new byte[m.length];
DatagramPacket
reply=new DatagramPacket(buffer, buffer.length);
aSocket.receive(reply);
System.out.println("Diterima
server : "+new String(reply.getData()));
}
catch
(SocketException e) {
System.out.println("Socket
: "+e.getMessage());
//
TODO: handle exception
}
catch
(IOException e){
System.out.println("IO
: "+e.getMessage());
}
finally{
if(aSocket!=null){
aSocket.close();
} } } }
Listing program udp server
import java.io.*;
import java.net.*;
public class udpserver {
public
static void main(String args[]){
DatagramSocket
aSocket=null;
try
{
aSocket=new
DatagramSocket(6789);
byte[] buffer=new
byte[10];
System.out.println("Server
Activated...............");
while(true){
DatagramPacket request=new DatagramPacket(buffer,
buffer.length);
aSocket.receive(request);
DatagramPacket reply=new DatagramPacket(request.getData(),
request.getLength(), request.getAddress(), request.getPort());
aSocket.send(reply);
}
}
catch
(SocketException e) {
//
TODO: handle exception
System.out.println("socket
: "+e.getMessage());
}
catch
(IOException e) {
//
TODO: handle exception
System.out.println("IO
: "+e.getMessage());
}
finally{
if(aSocket!=null){
aSocket.close();
} } } }
OUTPUT :
PADA SERVER
PADA CLIENT
Pada
praktikum pertemuan terakhir kami belajar tentang UDP. Terdapat client dan
server pada UDP. Ketika kita ingin menjalankan program kita melakukan running
menggunakan CMD. Running dilakukan sebanyak 2 kali. Pada jendela pertama kita
melakukan running terhadap udpserver. Untuk melakukan running kita atur dahulu
path tempat penyimpanan file pada file udpserver.java setelah apth diatur kita
lakukan compile dahulu dengan perintah javac(spasi)namafile.java.
pada program ini kita gunakan perintah javac udpserver.java. setelah berhasil
kita lakukan compile maka kita lakukan running. Perintah yang digunakan adalah java(spasi)namafile. Pada program ini
perintah running yang kita gunakan adalah java udpserver. Setelah kita berhasil
melakukan compile maka akan muncul keterangan server actived. Setelah berhasil dilakukan compile pada file server
jendela cmd jangan ditutup.
Kemudian kita buka
jendela CMD baru untuk melakukan running pada file client. Kita lakukan compile
file client dengan perintah javac udpclient.java. setelah berhasil kita compile
maka kita lakukan running program client dengan perintah java udpclient.
Setelah kita berhasil melakukan running maka akan muncul keterangan inputan
pesan. Pada inputan pesan kita lakukan input data. Setelah kita input maka akan
muncul tampilan diterima server. Yang artinya server pun menerima data yang
kita input.
0 komentar:
Posting Komentar