Jumat, 11 Oktober 2013

Definisi HTML 5

Sebagian besar dari masyarakat mungkin sudah mendengar HTML5 atau bahkan sudah ada yang perah menggunakannya untuk membangun suatu website. Ada beberapa versi dari penjelasan HTML5. HTML5 adalah revisi kelima dari HTML (yang pertama kali diciptakan pada tahun 1990, dan versi keempatnya yaitu HTML4 padatahun 1997 dan hingga bulan Juni 2011 masih dalam pengembangan.

Pengertian HTML 5 menurut situs wikipedia adalah sebuah bahasa pemrograman internet untuk menstrukturkan dan menampilkan isi dari suatu situs, sebuah teknologi inti dari internet.

HTML5 merupakan salah satu karya(Word Wide Web Consortium, W3C) untuk mendefinisikan sebuah bahasa markah tunggal yang dapat ditulis dengan cara HTML ataupun XHTML. HTML5 merupakan jawaban atas pengembangan HTML4.01 dan XHTML 1.1 yang selama ini berjalan terpisah, dan diimplementasikan secara berbeda- beda oleh banyak perangkat lunak pembuat web. Tujuan utama dari pengembangan HTML5 adalah untuk memperbaiki teknologi HTML agar mendukung teknologi multimedia terbaru, agar mudah dibaca oleh manusia dan juga mudah untuk dimengerti oleh mesin.

HTML 5 dapat bekerja dengan CSS3 tetapi masih dalam tahap pengembangan. Mulai peluncurannya HTML5 slalu mengalami pengembangan dimana W3C terus menambahkan dan mengembangkan fitur- fitur yang berada pada HTML 5 dan berencana meluncurkan versi stable-nya pada tahun 2014. HTML5 adalah sensor dari HTML 4.01 yang diterbitkan pada tahun 1999. Kini seluruh browser utama seperti Chrome, Safari, Firefox, Opera, dan IE dapat mendukung HTML5.

HTML 5 dikembangkan berdasarkan standart yang sudah diatur, yaitu:
  • Fitur-fitur baru harus berdasarkan HTML, CSS, DOM, dan JavaScript
  • Kebutuhan akan plugin external(seperti Flash) harus dikurangi
  • Penanganan eror harus lebih mudah dari pada versi sebelumnya
  • Scripting harus diganti dengan lebih banyak markup
  • HTML5 harus device-independent
  • Proses pengembangan harus dapat dilihat oleh publik


Dalam perkembangan HTML5 memiliki berbagai macam kelebihan dan kekurangan. Untuk saat ini HTML5 sudah memiliki beberapa fitur sehingga kita dapat lebih kreatif dalam membuat suatu website.

Referensi:

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates