Selasa, 06 Desember 2011

Musik Digital


        Musik Digital? Apa itu music digital? Musik Digital adalah musik yang buat secara digital atau musik yang diolah dengan bantuan media komputer.  Menurut wikipedia Musik Digital adalah reproduksi suara dari sinyal digital
yang telah dirobah keasalnya menjadi sinyal analog, perekaman suara digital dengan cara pengkodean angka biner hasil dari perobahan sinyal suara analog
dengan bantuan frekwensi sampling. Musik digital bisa juga berasal dari suara sintetis, contoh peralatan sumber suara sintetis MIDI merupakan sumber suara digital berbagai instrumen musik yang bisa dimainkan oleh pemusik. Bentuk penyimpanan sinyal digital dalam media berbasis teknologi komputer. Format digital dapat menyimpan data dalam jumlah besar, jangka panjang, dan berjaringan luas. Selain itu juga musik digital dapat dibuat tanpa menggunakan alat musik sama sekali dan hanya dibuat menggunakan komputer.
       
        Bagaimana cara memproduksi musik digital? Bagaimana distribusinya ? Musik digital dapat diputar menggunakan MP3 Player, ipod. Musik digital diproduksi menggunakan sinyal digital tehadap format rekaman musik analog. Contoh Format yang digunakan adalah MIDI (Musical Instrument Digital Interface) adalah teknologi yang memungkinkan adanya komunikasi antar instrument musik elektronik (instrument musik keyboard) adalah sebuah instrument musik yang mampu mengendalikan instrumen musik lainnya. Cara kerja MIDI pada instrument keyboard sama seperti sebuah komputer. Personal Computer (PC)  yang anggotanya terdiri dari CPU, Monitor, dan keyboard controller yang terpisah dan memiliki fungsinya masing-masing. Keyboard yang memiliki fungsi untuk mengendalikan apa saja yang diinginkan oleh pengguna komputer, CPU berperan sabagai otak komputer yang menerima perintah dari keyboard controller sedangkan layar monitor memiliki fungsi untuk menampilkan hasil dari segala pekerjaan yang dilakukan oleh pengguna komputer.

        Sama seperti sebuah komputer instrument keyboard digital memiliki beberapa controller (tuts), sumber bunyi (sound modul/generatorl), amplifier yang berfungsi sebagai penguat suara, adan speaker yang berfungsi untuk monitor bunyi. Bentuk fisik ketiganya terpisah dan dapat berkomunikasi menggunakan jack MIDI. Antara keyboard dengan pengahasil suara dapat berkomunikasi dengan menggunakan kabel MIDI. Wujud dari komunikasi tersebut berupa berupa perintah MIDI yang dikirim dari suatu alat ke alat lainnya jadi, MIDI tidak mengeluarkan suara

        Bagaimana cara mengkonsumsinya ?Dalam format apa saja ? Musik digital dapat dinikmati dalam beberapa format tergantung pada teknologi yang digunakan antara lain :
o   MP3
MP3 (MPEG, Audio Layer 3) adalah format musik digital yang paling populer. Karena ukuran file yang kecil dengan kualitas yang tidak kalah dengan CD audio. Format MP3 dikembangkan dan di patenkan oleh Fraunhofer Institute dengan bitrate 128kbps file mp3 sudah termasuk kualitas baik. Selain itu juga terdapat MP3 penerus yaitu MP3 Pro-format yang menawarkan kualitas yang sama dengan bitrate setengah dari MP3, MP3 Pro kompatibel dengan MP3. MP3 dapat memutar file MP3 Pro- namun kualitas suara jauh dari piranti yang mendukung MP3 Pro.

o   AAC
AAC (Advanced Audio Coding) format AAC merupakan standar Mation Picture Expert Group (MPEG) sejak standar MPEG-2 pada tahun 1997. Rate yang ditawarkan 96 KHz-dua kali format MP3. Format ini digunakan oleh Apple untuk toko musiknya (iTunes). Kualitas format ini cukup bagus bahkan pada bitrate rendah. iPod pemutar musik pada Apple menggunakan format AAC.

o   WMA
WMA (Windows Media Audio)  adalah format yang ditawarkan oleh Microsoft dimana format ini sangat disukai vendor musik online karena dukungannya terhadap Digital Rights Management (DRM). DRM (Digital Rights Management ) adalah fitur yang mendukung pencegahan terhadap pembajakan musik. Selain itu kelebihan WMA yaitu memiliki kualitas musik lebih baik dibandingkan MP3 dan AAC. Format WMA cukup populer dan didukung oleh piranti keras dan piranti lunak .

o   Ogg Vorbis
Ogg Vorbis adalah satu-satunya format file yang terbuka dan gratis. Dibandingkan format lainnya karena format tersebut pada umumnya di patenkan dan pengembangan peranti lunak atau pembuatan peranti keras harus membayar lisensei untuk produk yang dapat memainkan file dengan format terkait. Ogg Vorbis memiliki kualitas yang tinggi pada bitrate rendah dibandingkan format lainnya.  Winamp dan pelopor pemutar MP3 portabel Rio sudah menggunakan format ini pda model terbarunya. Walaupun dukungan peranti keras terhadap format ini masih kurang.

o   Real Audio
Real Audio adalah format yang ditemukan pada bitrate rendah. Format ini biasanya digunakan dalam layanan streaming audio. Format yang berasal dari RealNetworks. RealAudio menggunakan standar AAC MPEG-4 pada bitrate 128 kbps ke atas.

o   MIDI
MIDI adalah format audio yang lebih cocok digunakan untuk suara yang dihasilkan oleh synthesizer atau elektronik, tetapi tidak cocok digunakan untuk hasil konversi dari suara analog karena terlalu akurat. MIDI biasanya digunakan dalam ponsel sebagai ringtone karena memiliki format ukuran file yang  kecil.

Menggunakan musik digital memiliki beberapa keuntungan yaitu  :
·         Memiliki beragam jenis format dapat disesuaikan dengan teknologi yang digunakan.
·         Kualitas copy yang sangat bagus sehingga memudahkan penggandaan dari pihak perusahaan rekaman tampa menurunkan mutu.
·         Proses penjualan satu lagu terbukti jauh lebih efektif dan efisien di bandingkan dengan medium konvensional contoh nya kaset atau CD.
Selain memiliki keunggulan menggunakan musik digital juga memiliki beberapa kekurangan yaitu :
·         Memudahkan terjadinya pembajakan yang dapat merugikan perusahaan rekaman.
·         Penyebaran musik digital melalui internet tidak dapat dikontrol oleh perusahaan sehingga memperngaruhi pemasukan untuk perusahaan.

 Sumber          :
-          http://id.wikipedia.org/wiki/Audio_digital

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates